Jumat, 19 Oktober 2012

TATA CARA PENGIRIMAN EMAIL


Cara mengirim email


  1. Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :
  2. Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim email
  3. Klik "compose" untuk mengirim sebuah email
  4. Setelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim email email detail
  5. Masukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman@yahoo.com ]
  6. Dan masukan subject : Title [ perihal , kalimat pokok ]
  7. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa saja yang ingin disampaikan.
  8. Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnya
  9. Untuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.
  10. Ingat!!
  11. Ketik surat Anda di notepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan klik send saat ingin mengirimnya
  12. Hal ini berguna agar saat send gagal Anda tidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste ]
  13. Dan setelah selesai semua
  14. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out / Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.
  15. Terima kasih!!

Selamat mencoba....

TATA CARA PEMBUATAN EMAIL


CARA MEMBUAT EMAIL

  1. Salah satu yang akan dibahas adalah cara membuat email dengan menggunakan yahoo email
  2. Ini adalah halaman yahoo mail saat anda ketik www.mail.yahoo.com  email sign up daftar
  3. Apabila kita telah memiliki Account silahkan masukkan username dan password kemudian klik sign in [ masuk ]
  4. Apabila belum maka kita harus daftar terlebih dahulu yaitu dengan klik di bagian yang bertuliskan SIGN UP
  5. Setelah diklik SIGN UP maka akan keluar halaman pendaftaran seperti ini email pendaftaran isi seluruh field yang disediakan dan biasanya yang bertandan bintang * [ wajib di isi ]. Salah satu syarat isi adalah mengerti bahasa inggris sedikit.
    Masukkan firstname dan lastname [ nama Anda / bukan id ]
    yahoo userID [username] yang unik [ nama tersebut akan menjadi alamat email Anda kelak ]
    masukkan password yang hanya Anda tahu dan mudah di ingat.

    Isi bagian if you forget your password
    Data tersebut digunakan untuk Anda saat Anda meminta password karena lupa.

    Kemudian dibawah akan muncul sebuah gambar berisikan character dan angka acak [ verify your registration ]. Isikan sesuai dengan urutan tersebut [ yahoo ingin memastikan yang daftar manusia bukan bot :). Setelah selesai klik I Agree.
  6. Lanjutkan apa yang diperintahkan oleh yahoo.
  7. Demikian juga untuk mendaftar di web mail gratis lainnya [ Sign up - isi data pribadi - I agree - lanjutkan ]
  8. Sangat mudah bukan :). Selamat mendaftar.

TATA CARA PENGGUNAAN EMAIL


Cara menggunakan email


  1. Dengan cara menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
  2. Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
     
  3. Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :
    Setelah Anda mendaftar yang paling penting adalah cara menggunakan email tersebut
  4. Yang utama adalah saat Anda ingin menggunakan email Anda harus Login terlebih dahulu email sign in login atau Sign in
    Isi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.
  5. Setelah Anda sign in dan tidak berhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Anda lupa dengan password Anda klik  forget your ID Password. Masukkan data yang saat  Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isi apa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utama mailbox.email mailbox Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yang masuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telah terkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untuk membuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka ], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di delete permanent.
  6. Kliklah Inbox untuk melihat email-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda email inbox inbox [ 21 ] artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inbox akan tampil list email-email. Tulisan tebal artinya kita belum pernah membuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudah pernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi email tersebut. Hasilnya seperti ini email detail
    demikianlah cara membaca email.

PENGALAMATAN EMAIL


Pengalamatan Email

Untuk mengirimkan sebuah email diharuskan menuliskan alamat tujuan atau alamat email yang dituju. Alamat email ini terdiri dari 3 bagian yaitu :
1.     Identitas pengguna
2.    Tanda “@” yang berarti “lokasinya di”
3.    Nama domain tempat email pengguna tersebut berada.
Agar dalam pengiriman surat sampai ke tujuan dengan benar, pengalamatan email harus mempunyai bentuk dasar sebagai berikut.


1.     triarni_putri adalah nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.
2.    Yahoo.com, adalah nama  mailserver tempat pengguna yang dituju.
Rinciannya sebagai berikut.
a.    .co : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk dalam kategori komersial.
b.    .id : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar pada otoritas domain Indonesia (id).

Penulisan antara user ID dan host dipisahkan dengan symbol “@” dibaca “at”.

Pengertian Email



Kita telah bahas apa itu internet, dan di dalam internet salah satu fasilitasnya adalah kita dapat mengirim surat melalui internet. Dengan fasilitas tersebut kita dapat mengirim kepada siapa saja [ mereka yang telah memiliki account email juga ] kapan saja dimana saja dalam hitungan detik [ saat send maka dalam hitungan detik sudah sampai di inbox [ kotak surat ] tujuan.
Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman kamus di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun dalam tulisan ini saya akan tetap menggunakan kata email karena kita memang familiar dengan kata "email".
Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.
Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Namun tidak seperti alamat surat yang lazim kita gunakan. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et). Misalnya email kami adalah servicedcc@yahoo.com. Artinya email bernama servicedcc provider yang digunkaan adalah yahoo.com sehingga alamat lengkap email adalah penggabungan nama dengan penyedia tersebut yang dibatasi oleh char @.